Check up kesehatan bayi

Pasca melahirkan, setelah tepat 1 bulan kita harus kembali ke rumah sakit untuk check up kondisi bayi. Ceritanya udah aku publish di blog lama.

Setelah itu, kalau ngga ada masalah berarti hubungan kita dengan rumah sakit udahan hehe. Kira-kira di umur 2 bulan, aku dapet surat dari kantor pemerintah setempat. Isinya tentang jadwal imunisasi, daftar klinik yang bisa didatangi, dan form2 yang harus diisi kalo imunisasi.

Satu amplop isinya banyak sekali, disertai iklan2 yang ngga ngerti isinya apa….mungkin isinya iklan2 penyuluhan untuk anak yang diadakan di kantor pemerintah setempat. Dari situ aku tau kalo ngga perlu jauh2 ke rumah sakit, tapi cukup ke klinik terdekat…untungnya ada klinik anak rujukan pemerintah yang deket banget sama apato, kalo jalan lambat kira2 cukup 5 menit. Namanya Nakazato Children’s Clinic.

Kira2 di umur 1 bulan, bayiku bermasalah dengan kulit pipinya, merah2 dan pecah2.  Akhirnya kita memutuskan untuk datang ke klinik itu. Atas anjuran temen yg udah pernah ke sana, katanya harus reserve dulu dan bawa orang Jepang sebagai penerjemah. Akhirnya pergilah aku ke sana ditemenin U-san, tetangga sekaligus temen baik kami. Wow beneran ternyata deket banget. Tapi sesampainya di sana, ternyata bayinya harus langsung dibawa kalau mau berobat. Laahh…jadilah kita pulang lagi.

Seminggu kemudian kita ke sana lagi dengan bawa bayi dan Ngkoh.  Rada ribet soalnya lagi musim dingin, jadi bajunya dobel2. DI dalam ruangan hangat, jadi baju bayi harus dibuka, cukup selapis aja. Akhirnya jadi  ada gembolan. Untung ada Ngkoh yg bantu bawain.

Petugasnya welcome banget walopun dengan bahasa yg pas-pasan. Petugasnya tampak sigap & lari2 atau jalan cepat, standar jepang banget. Begitu datang kita dikasih form, pulpen & papan alasnya, serta termometer.  Untung ada U-san yang bantu nerjemahin dan ngisi2 form.  Dalam form harus diisi identitas, kondisi ketika lahir, dan mau konsultasi tentang apa, dan ditulis juga suhu tubuh saat itu. Ngga lupa, buku boshitecho-nya diminta sama petugas.

Setelah itu kita ngantri. Banyak juga pasiennya, semua bayi & anak2 (ya iyalah). Ruangannya kecil tapi bersih. Kita harus buka sepatu di depan  pintu, dan disediain sendal khusus. Di tengah ruangan ada maenan anak2.  Lumayan berisik, tapi bayiku anteng2 aja hehe.

Ngga lama, kita dipanggil. Eh ternyata ngga langsung masuk, tapi nunggu dulu di kursi depan ruangan. Setelah dokter siap. Kita dipanggil masuk. Ruangannya kecil dan asri. Di meja dokter ada komputer, dan dokter tampak sibuk ngetik2 masukin data dari form yang kita isi tadi.

Woowww…. dokternya bisa bahasa inggrsis lancaaaaaarrr banget tanpa logat jepang! Mungkin dulu sekolahnya di Amerika atau Eropa *sok tau*.  Inget waktu hamil, dokter2nya kurang ok berbahasa inggris, makanya surprise banget.

Bayiku dicek semuanya, lalu kata dokter merah2 di pipi ini normal, cuma sejenis eksim yang umum dialami bayi sampe umur sekitar  4-6 bulan. Akhirnya kita dikasih resep vaselin murni nomer  1, yang katanya kena mata atau masuk mulut juga ngga apa2.  Sebelum kita keluar, aku sempet merhatiin dokter lagi masukin data tentang bayiku yg abis diperiksa. Kalo di Jepang, dokter yang ngerjain semuanya sendiri, termasuk masukin data pasien. Jadi ya sibuk sekali kebayang.

Sebelum pulang, kita mau bayar.  Eeeehh ternyata gratis…sampe umur 15 tahun!!! Tertulis di kartu asuransinya bayiku tapi dasar bego ngga aku perhatiin. U-san pun ternyata takjub, mungkin karena dia udah tua, jadi ngga tau perkembangan urusan anak2 sekarang hehe.

Sebelum kita pulang, petugas mengingatkan bahwa kita harus check up 4 bulan, dan harus reserve 2 bulan sebelumnya (lama amat!). Dia udah nentuin tanggal check up dan tanggal kapan harus reservasinya.  Segitunyaaa…

This entry was posted in Seputar Anak di Jepang. Bookmark the permalink.

2 Responses to Check up kesehatan bayi

  1. chommar says:

    hahaha.. niat ga sih bikin blog piet? hihihihi….
    selamet riweuh jagain ryo yah… tapi hepi kok..

  2. ipietbaru says:

    iya nih maaar…ampun deh ga sempet ngapa2in, sampe bikin blog aja harus sambung menyambung hehe

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s