Check Up 4 Bulan

Seperti yang udah ditentukan sebelumnya, check up berikutnya adalah pada saat bayi berumur sekitar 4 bulan. Ada form yang harus diisi sebelum kita ke klinik, jadi pas dateng langsung diserahkan….huhuuu udah kaya ujian aja.

Berhubung ini pake kanji & keriting abis, akhirnya 1 jam sebelum ke klinik aku ke rumah U-san dulu untuk ngisi form. Ternyata pertanyaannya detil sekali, misalnya : apakah bayi sudah bisa menggenggam? apakah bayi suka memasukkan benda ke mulut? apakah bayi mengenali wajah ibunya? apakah bayi menengok ketika TV dinyalakan? apakah bayi sudah bisa tengkurap? apakah bayi mengenal suara pintu dibuka/ditutup? berapa kali bayi minum susu botol & berapa ml? berapa kali minum susu asi? dst…dst…banyak banget deh.

Kita harus datang ke klinik jam 14.30 dan harus tiba di tempat 15 menit sebelumnya. Form baru beres diisi jam 14, wah jadi buru2 deh. Untung deket. Begitu beres aku & U-san langsung ke klinik. Kali ini tanpa Ngkoh soalnya ini hari kerja. Udara dingin sekali waktu itu, padahal udah bulan April.

Bener aja, begitu dateng udah banyak pasiennya. Langsung deh boshitecho & form keriting itu kita serahkan. Ternyata kalo check up, bayi harus dibuka semua bajunya. Huhuu kasian, padahal masih ngantri tapi udah dibuka bajunya. Untung ada orang jepang ngasih tau, bayinya diselimutin aja, kasian. Jadi aku selimutin pake bajunya.

Aku baru ngerti, ternyata jam segituan itu khusus untuk check up & imunisasi. Kira2 jam 3-an baru dibuka lagi untuk yang berobat. Mungkin supaya yang sakit ngga nularin yang sehat2. Repot juga kalo abis imunisasi malah sakit ketularan pasien lain.

Akhirnya tiba juga giliran kita. Seperti biasa bayi di”kuyek-kuyek” dokter, ampuun deh. Semua diliat mulai dari kepala sampe kaki. Cek dulu pake stetoskop. Udah gitu telinga, idung, mulut, puser, lubang pup, diliat2. Ubun2 bayi dipencet2…mungkin ngecek udah keras belum. Terakhir, bayi digulingin di meja periksa. Bayiku tentunya langsung tengkurep begitu digulingin. Yah alhamdulillah sehat semuanya. Cuma kata dokter kulitnya kering….hmm sepertinya nurun dari aku. Gpp deh.

Seperti biasa laporannya diketik sendiri ama dokter di komputer pas kita keluar. Lalu ditulis juga di boshitecho. Ck ck ck, sibuknya dokter.

This entry was posted in Seputar Anak di Jepang. Bookmark the permalink.

2 Responses to Check Up 4 Bulan

  1. chommar says:

    ya ampyuuun.. ryo lucu banget sih.. mirip ipiet yah??? gemesgemesgemes…..

  2. ipiet says:

    kelucuannya sekarang makin berkurang mar…mukanya makin berubah hehe.

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s