Parkir Sepeda

Waktu baru sampai di Jepang, aku terkagum2 ama parkiran sepeda yang rapi banget. Setelah diperhatiin, ternyata ada tempatnya dan pake nomor. Begitu kita masukin sepeda ke situ, langsung terkunci dan meterannya langsung jalan. Parkir 1 jam pertama gratis. Berikutnya bayar ngga tau berapa hehe…aku ngga pernah lama2 sih parkirnya. Kalo ngga salah sih 100 yen untuk 5 jam. Katanya loohhh…

Kalau mau pulang, kita masukin dulu nomer tempat parkirnya ke mesin yang tersedia. Nanti muncul angka berapa yang harus kita bayar. Setelah masukin koin ke situ, langsung ada tulisan “arigatou gozaimasu” ..berarti udah kebuka. Langsung sepeda bisa kita ambil.

Trusnya lagi….setelah aku perhatiin, ternyata ada yang istimewa dengan sepeda-sepeda di Jepang. Standardnya standar banget…loh gimana sih?

Iya itu standard sepeda, yang buat nahan sepeda supaya berdiri, itu udah standar,

semuanya sama. Posisinya berdiri, bukan yang nyamping, jadi ngga ada tuh sepeda parkir miring2. Selain itu juga pasti ada keranjangnya.

Udah gitu, untuk yang punya anak, tersedia juga boncengan untuk anak, disertai seatbelt dan pijakan kaki. Biasanya ditaro di depan, tapi ada juga yang naro boncengannya di belakang.  Pokonya kalo di Jepang, semuanya udah serba standar, ngga ada yang aneh2. Bisa2 disemprit polisi kalo aneh2.

Selain itu, tiap sepeda punya nomor dan semacam surat (kalo mobil namanya stnk). Jadi kadang suka ada polisi memberhentikan sepeda, ngecek apakah itu sepedanya dia atau bukan. Kalo bukan ntar kena denda, biasanya langsung diauto-debet dari rekening, jadi ga bisa ngasih alasan ga punya uang hehe. Polisi nih ngga ada kerjaan kali ya, sepeda aja ditilang.

This entry was posted in Cuma di Jepang. Bookmark the permalink.

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s