Perlengkapan Bayi

Sebelum bayiku lahir, aku dan Ngkoh sibuk beli perlengkapan bayi sejak hamil sekitar 7 bulan. Untungnya ada orang Jepang baik hati, K-san, yang bersedia nganter kita ke toko perlengkapan bayi yang lengkap, namanya Akachan Honpo. Toko ini mengingatkan aku sama Lavie di Bandung, tapi tentunya ini versi mall kecil, lebih luas dan bersih. Ngga kaya Lavie yang brak-bruk dan gelap.

Toko ini juga udah nyediain buku kecil tentang daftar perlengkapan yang harus dibeli oleh pasangan muda yang sedang mempersiapkan kelahiran anak pertama.  Isinya bukan cuma tentang keperluan bayi, tapi juga keperluan ibu yang akan melahirkan misalnya bra khusus menyusui, celana khusus pasca melahirkan dll. Enak, jadi kita ngga akan beli2 yang ngga perlu, cukup ikutin aja daftar yang ada.  Tapi itu pun ngga semua dibeli, yang bener2 perlu aja.

Selain itu, waktu hamil juga ada Parent Class di shiyakusho (=kantor pemerintah). Di kelas ini ada sesi tentang perlengkapan yang diperlukan apa aja, dan apa yang ngga perlu dibeli dulu. Jadi cukup membantu kita biar ngga boros.

Di Akachan Honpo cukup beli perlengkapan sehari2 kaya baju, saputangan, baju hangat (waktu itu lagi musim dingin), dll. Barang2 besar kaya box, baby stroller, dll ngga kita beli dulu. Pokonya cukup yg urgent aja dulu buat keperluan bayi. Belakangan juga aku masih belanja baju bayi di Akachan Honpo, tapi lewat webshopping, soalnya ngga ngerti jalan ke sana hehehe…:D

Trus setelah nyari info sana-sini, ternyata ada tempat penyewaan keperluan bayi, namanya AioiBaby. Rada ribet juga soalnya websitenya pake kanji, untung ada Google Chrome yang bisa langsung translate. Di situ bisa nyewa apa aja, sampe timbangan bayi juga ada. Tapi kita cuma nyewa box selama setahun, dan baby seat (baby bounce) selama 5 bulan. Lumayan, jadi ngga kebanhyakan barang numpuk kalo harus pulang nanti.  Sedangkan baby stroller kita putuskan untuk beli, soalnya mungkin nanti bakal dipake ke mana2, bahkan pas pulang juga mungkin dipake.

This entry was posted in Seputar Anak di Jepang. Bookmark the permalink.

2 Responses to Perlengkapan Bayi

  1. Inka says:

    Mau tanya, kalau untuk pralatan mandi bayi di jepang (kaya misalnya minyak telon) itu biasanya apa aja ya?trus ada liquid talk ga ya dia?

    • ipiet says:

      minyak telon ada di toko indonesia, harganya 500 yen sebotol kecil, mendingan bawa aja.
      liquid talk ada ngga ya? ngga tau juga abisnya ngga pake sih.
      coba search di google, barangkali ada.

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s