Robot di mana-mana

Beneran ternyata Jepang itu negara robotik. Robot ada di mana-mana. Hampir ga ada pabrik yang ga pake robot, semua pasti pake. Di NHK tiap pagi, di acara anak2, ada acara yang judulnya “Kyou no robotto”, artinya “Robot hari ini”. Tiap hari beda-beda, mulai dari robot yang kerjanya berbahaya misalnya di bawah laut, di gedung tinggi, sampe robot yang kerjanya ringan kaya ngampelas pegangan pintu biar mengkilat, ngangkut2 kardus di pabrik, ngecet handphone, dll.

Robot jangan dibayangin kaya robocop gitu. Tapi biasanya sekilas kaya mesin biasa, cuma kerjanya kompleks. Mungkin itu bedanya ama mesin yah, dia bisa diprogram melakukan kerja yang kompleks dan detil.

Yang bikin aku takjub adalah robot “tukang udon” hehe..Owner cuma di depan komputer, masukin data pesanan customer, lalu yang kerja bener2 robot, mulai dari ngerebus mie, nyiapin bumbu2 di mangkok, sampe nuangin di mangkok, naburin bawang daun,dll. Pokonya tau beres deh. Trus ada pegawai lain yang tugasnya nganter2in ke meja customer. Hehe..enak yah, jadi ga ada kejadian customer komplain karena salah pesen😀

Sayang aku ga punya videonya, abis waktu itu acaranya di tv. Ntar aku coba cari di youtube, mungkin ada.

Enak juga kalo di Indonesia bisa punya usaha yang pake robot. Tapi jangan2 malah dikomplain sama menteri perindustrian dan menteri tenaga kerja, karena ngga bisa menyerap tenaga kerja hehehe..duh😦

This entry was posted in Cuma di Jepang. Bookmark the permalink.

One Response to Robot di mana-mana

  1. Pambudi says:

    Kunjungi blogku juga ya…

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s