Imunisasi HIB (Haemophilus influenzae type b )

Kemaren bayiku baru aja disuntik HIB. Apa itu HIB, lengkapnya bisa diliat di wikipedia (HIB Vaccine). Harusnya suntik ini dilakukan bulan Januari, sekalian dengan suntik Pneumonia. Tapi pihak klinik membatalkan janji, katanya ada himbauan dari pemerintah untuk menunda karena ada ‘accident’. Ngga ngerti juga maksudnya ‘accident’ apa ya. Akhirnya suntik dibolehin lagi mulai bulan Mei, tapi suntik HIB ngga boleh dibarengin sama suntik Pneumonia.

Karena bayiku udah umur 1 tahun, jadi suntik HIB cukup 1 kali. Berapa kali suntik HIB itu ada aturannya, tergantung umur bayi :

  • 0-2 bulan               : 3 kali (interval 4 – 8 minggu)
  • 2 – 7 bulan             :
  • 7 bulan – 1 tahun : 2 kali (interval 4 – 8 minggu)
  • 1 – 5 tahun            : 1 kali

Seperti biasa harus ngisi form dulu, lalu bayi dicek kesehatannya, formnya dimasukkan ke komputer oleh dokter, lalu cusss disuntik deh. Bayiku nangis keras sekali, tapi sebentar hehe.

Setelah itu harus nunggu dulu 30 menit, buat ngecek reaksi alergi atau kelainan yang muncul. Cape juga, soalnya bayiku ngga mau diem. Lari sana sini, duh…..setelah 30 menit, suster datang dan nerangin bahwa setelah ini biasanya bekas suntikan bakal bengkak, merah dan terasa panas. Kompres pakai es bisa membantu bengkak tadi. Tapi kalau disertai demam dan bengkaknya kemana-mana, segera datang lagi ke klinik.

Besoknya, aku agak kaget juga liat bekas suntikan bengkak dan panas. Kirain digigit serangga, untung belum dikasih salep Zambuk. Malemnya tiba2 inget kata2 suster kemaren, dikompres pake es!!  duh kenapa aku bisa lupa ya.  Tapi ternyata ngga apa2 tuh, besok2nya udah kempes lagi.

This entry was posted in Seputar Anak di Jepang. Bookmark the permalink.

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s