Check Up 1,5 Tahun

waduuuh bener2 ngga berasa, tau2 bayiku udah 1.5 tahun. Di umur 14 bulan udah datang surat dari pemerintah, isinya form untuk check up. Tapi kali ini ada 3 formulir.

Form Check Up Badan, cuma setengahnya yang discan

Tiga2nya aku bawa ke kelas nihon go, siapa tau sensei bisa nerjemahin hehe..*berharap*.  Di kelas aku tunjukin semua form-nya, dan sensei dengan sabar nerangin satu persatu pakai nihon go. Rata2 guru di kelas nihon go memang ngga bisa bahasa inggris, jadi mereka berusaha menerangkan pake nihon go juga. Kebayang ngga sih puyengnya.

Ternyata check up-nya ada 2 macem, yaitu check up badan dan check up gigi. Untuk check up badan, formnya seukuran kertas A3, pakai kanji kecil2. Pertanyaannya detil sekali, misalnya : apa bayi bisa melempar bola ke kita? apa bayi bisa memahami beberapa kata? apa bayi sudah bisa makan sendiri dengan sendok/garpu? apa bayi sudah bisa minum pakai gelas? daaaan seterusnya….

Lalu ada juga ringkasan kemampuan bayi, misalnya kapan bayi mulai tegak kepalanya? kapan duduk? kapan berdiri? kapan merangkak? kapan jalan?dst dst….

Selain itu ada juga pertanyaan tentang kegiatan sehari2 bayi. berapa ml susu tiap hari? berapa kali snack? jam berapa? tidur jam berapa sampe berapa? nonton video/tv berapa jam sehari?

Pokonya detiiiill banget deh…sampe perkembangan ibu juga ditanya. Apa ibu frustasi ngurus bayinya? apa sedang hamil? dst.

Kalau check up gigi, formnya ngga terlalu kompleks. Pertanyaan cuma seputar gigi dan makanan. Misalnya snack apa yang suka dimakan? trus berapa gelas minuman manis tiap hari? dst.

Lalu ada form lagi, yang ternyata form buat kalau mau melapisi gigi bayi pake fluor (=futsu). Kita cuma perlu bayar 200 yen (Rp 20rb). Ini ngga ada pertanyaan apa2, cuma data aja.

Check Up Badan

Seperti biasa datang ke klinik bareng U-san, yang beberapa hari sebelumnya udah bantu ngisi form, melengkapi yang belum sempat diterangkan sama sensei nihon-go. Reservasi udah dilakukan kira2 sebulan yang lalu, memang begitu prosedurnya.

Sebelum masuk ruang praktek, suster ngukur berat badan, lingkar kepala dan dada. Lalu dokter ngecek pake stetoskop, lalu testisnya dipencet2, trus kepalanya juga ditekan2. Setelah itu bayi disuruh jalan. Alhamdulillah bayiku sehat, perkembangannya baik, berat badan & tinggi seimbang. Menurut dokter, bayiku cuma punya 2 masalah, yaitu belum bisa bicara satu kata pun dan belum bisa corat-coret pake pulpen.

Jadi setres…jangan2 aku kurang interaksi ama bayiku..kurang ngajak ngobrol dan kurang ngajak maen. Duh duh..ibu macam apa aku ini…sibuk sendiri.

Check up Gigi

Kali ini bukan di dokter anak, tapi di dokter gigi. Reservasi udah dilakukan 2 minggu sebelumnya. Ngga seperti dokter anak, dokter gigi reservasinya bebas, sehari sebelumnya juga bisa. Waktu reservasi dokter gigi, aku minta dokter yang bisa bahasa inggris. Eeeh si mbak resepsionisnya malah bingung hehe…mungkin dia juga ngga tau mana dokter yang bisa ngomong inggris.

Beberapa minggu sebelum hari H, aku mulai sikat gigi bayiku tiap malem. Sebenernya dari bayi juga udah, tapi mulai nolak ketika umur 1 tahun, akhirnya mandeg. Mulai sebulan lalu dipaksa lagi sikat gigi sambil nangis2.  Awalnya nangis-nangis, tapi akhirnya terbiasa juga. Sekarang nangis dikit tapi ngga banyak perlawanan. Paling sikatnya digigit2, jadi siap stok sikat gigi bayi banyak sekali, soalnya sering mrudul gara2 digigit.

Pada saat hari H, aku datang sendirian ama bayiku. Waktu dokternya nongol, eeeeehhh ternyata itu dokter gigiku. Duh duh…malu banget deh. Dan bayiku kacau sekali hari itu, ngga mau buka mulut sama sekali. Jadinya dipaksa.

Ternyata cuma dicek gigi yang udah tumbuh ada berapa, trus ada lubang ngga. Udah gitu dilapisin ama fluor. Fluornya kaya gel bening, rasanya manis, dioles ke giginya. Karena bayiku ngelawan, jadi deh si gel kemana2 dan jadi lengket juga ke mana2. Kacow..

Disuruh datang lagi setelah umur 3 tahun, buat lapisin fluor lagi. Ternyata form yang satu lagi, itu untuk nanti kalo udah umur 3 tahun, Duh…masih lama, padahal udah diisi hehe..

This entry was posted in Seputar Anak di Jepang. Bookmark the permalink.

Thank you very much for your visiting to my blog

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s